30/01/11

Foto Jurnalistik

Henri Cartier Bresson
   
Lahir 22 Agustus 1908 di kota Chanteloup-en-Brie, Seine-et-Marne, France, dianggap sebagai salah satu bapak foto jurnalistik modern. Dari 1928-1929, Cartier-Bresson kuliah di Universitas Cambridge, dimana dia belajar bahasa Inggris, seni dan sastra, serta menjadi bilingual. Pada tahun 1930, ditempatkan di Le Bourget, dekat Paris, ia menyelesaikan wajib militer dalam Angkatan Darat Perancis.
Satu hal yang benar-benar Henri kagum adalah karya Munkacsi. Ketika saya melihat foto Munkacsi bertemakan anak-anak hitam berjalan di gelombang ombak, saya tidak bisa percaya hal seperti itu bisa ditangkap dengan kamera. Henri berkata "Sialan, aku mengambil kamera saya dan pergi keluar ke jalan". Foto itu terinspirasi dia untuk berhenti melukis dan mengambil minat menerjuni secara serius di dunia fotografi. Dia menjelaskan, "Aku tiba-tiba mengerti bahwa foto bisa memperbaiki keabadian dalam sekejap". Lalu dia membeli kamera Leica dengan lensa 50 mm di Marseilles dan menemani dia selama bertahun-tahun. Henri mengibaratkan kameranya (merk Leica) sebagai perpanjangan matanya. Dia adalah seorang pengguna pertama dari format 35 mm dan spesialis dibidang fotografi candid. Dia membantu mengembangkan "fotografi jalanan" atau "reportase kehidupan nyata" suatu karakter gaya Henri yang masih mempengaruhi generasi fotografer sampai saat ini.

Kamera format 35mm pertama Henri







































Tidak ada komentar:

Posting Komentar