30/01/11

Philippe Halsman

Seorang fotografer keturunan Latvia kelahiran Amerika. Lahir dari keluarga Yahudi sang ayah bernama Morduch (Max) Halsman, seorang dokter gigi, dan dan ibunya Ita Grintuch, seorang kepala sekolah dasar, di Riga, Halsman belajar teknik elektro di Dresden.
Pada bulan September 1928, Halsman melakukan pendakian di pegunungan Alpen Austria dengan ayahnya, Morduch. Selama pendakian ini, Morduch meninggal akibat cedera kepala berat. Keadaan tidak pernah benar-benar diklarifikasi dan Halsman dijatuhi hukuman penjara empat tahun 'untuk pembunuhan ayah. Kasus ini memprovokasi propaganda anti-Yahudi dan dengan demikian memperoleh publisitas internasional, dan Albert Einstein dan Thomas Mann menulis dalam mendukung Halsman. dirilis Tahun 1931 Halsman meninggalkan Austria untuk selamanya, tidak pernah kembali.
Di Perancis dia mulai berkontribusi terhadap majalah fashion seperti Vogue dan mendapatkan reputasi sebagai salah satu fotografer terbaik di Prancis. Ketika Prancis diserang, Halsman melarikan diri ke Marseille dan akhirnya ia berhasil memperoleh visa AS, dibantu oleh keluarga teman Albert Einstein.
Halsman telah sukses pertamanya di Amerika saat perusahaan kosmetik Elizabeth Arden menggunakan gambar  model Constance Ford terhadap bendera Amerika dalam kampanye iklan untuk lipstik "Kemenangan Merah". Setahun kemudian pada 1942 ia mendapatkan pekerjaan di majalah Life, salah satunya memotret desain topi, potret sebuah model dalam topi Daché Lilly.




















Tidak ada komentar:

Posting Komentar